x

Hening

Memiliki ketekunan dalam semangat, mempraktikkan
dari dasar-dasar kesadaran, dihiasi dengan bunga kebebasan,
engkau akan damai dan tidak akan tercemari.
(Theragāthā, 100)

    DOWNLOAD AUDIO

Pernahkah anda merasa sulit tidur? Apa yang anda rasakan ketika sulit tidur? Hidup menjadi tidak nyaman. Rasa cemas, gelisah selalu menghantui dan semakin menjadikan orang tersebut sulit tidur. Ketegangan mental adalah penyebab dari semua itu.
Banyak orang tidak menyadari akan hal itu. Padahal, ketika ketegangan mental itu melanda kehidupan manusia, kehidupan manusia tersebut tidak enak dan tidak nyaman. Manusia seringkali mengabaikan akan kebutuhan batinnya dan cenderung memikirkan hal-hal yang di luar kebutuhan batin. Padahal, kebutuhan batin sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh manusia.

Kebanyakan orang baru menyadari kebutuhan batinnya ketika menghadapi masalah dalam kehidupannya. Ketika kehidupannya berjalan normal dan lancar, mereka mengabaikan kebutuhan batin. Mereka tenggelam dalam kesenangan dan kenikmatan duniawi. Mereka tidak menyadari bahwa apa yang dimiliki dan dicintai sewaktu-waktu dapat berubah. Mereka tidak menyadari bahwa hukum perubahan ada dalam kehidupannya ini. Karena mereka tenggelam dalam kesenangan, mereka menjadi lupa diri dan menganggap bahwa kesenangan yang sedang mereka rasakan sebagai sesuatu yang kekal. Inilah fenomena yang terjadi di masyarakat kita sekarang ini.

Segeralah sadar dan bangun dari tidur kita. Mari kita memulai untuk membangun mental agar siap berhadapan dengan kehidupan yang semakin hari semakin kompleks. Tidakkah kau sadar bahwa kita tidak dapat terus-menerus tenggelam dalam kesenangan? Jika tidak segera sadar anda akan jatuh dan sulit untuk bangun lagi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagaimana cara mencegahnya? ”Berusahalah untuk menyempatkan melihat diri sendiri. Jauhkan sementara waktu dari hiruk-pikuk duniawi. Kembalilah ke dalam diri anda. Lihatlah diri anda sesungguhnya! Heningkan batin anda dengan samādhi. Jangan biarkan batin ini terbebani persoalan terus-menerus karena dapat membuat anda depresi. Karena batin kita belum matang, maka ketegangan mental selau muncul dan akan muncul terus-menerus. Duduklah sebentar untuk menata batin ini agar batin ini menjadi segar dan nyaman setiap saat.”

Hening sejenak sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Karena dengan hening, batin ini menjadi tenang. Kalau ketenangan ini terus-menerus dijaga kelangsungannya, maka ketika ada permasalahan yang muncul, kita sanggup menghadapinya atau setidak-tidaknya kita tidak berlarut-larut dalam emosi. Awalnya sangat sulit untuk membiasakan hening karena kita terbiasa melepaskan penat dengan menghibur diri.

Memang, ketika ada hiburan yang kita peroleh terasa seolah-olah masalah selesai, padahal hanya hilang sesaat. Dengan membiasakan menghibur diri sebenarnya manusia hanya sekedar melampiaskan persoalan. Oleh karena itu, biasakanlah untuk selalu hening karena dengan hening kita tidak hanya melupakan, tetapi berusaha menghadapi permasalahan tersebut sehingga ada pengalaman menghadapi masalah. Hening dengan melakukan samādhi adalah hal yang positif dan jangan sampai tidak dilakukan.

Luangkan waktu anda untuk hening, walaupun hanya beberapa saat tetapi apabila dilakukan secara kontinyu, maka akan bermanfaat besar bagi si pelaku. Hening dan hening itulah yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan ini karena kehidupan hanya dapat dihadapi dengan batin yang matang yang diolah melalui hening. Hidup dalam keheningan samādhi akan membawa batin seseorang menjadi segar dan sehat. Lakukan langkah dan duduk dalam suasana keheningan karena batin anda akan tenang, damai, dan bahagia.

Dibaca : 3093 kali