x

KAṬHINADUSSAṀ PERTAMA PADEPOKAN DHAMMADĪPA ĀRĀMA

Pada hari Rabu, tanggal 14 November 2018 untuk kali pertamanya, Padepokan Dhammadīpa Ārāma mengadakan kegiatan Kaṭhinadussaṁ
Kegiatan ini dihadiri oleh tujuh bhikkhu Saṅgha Theravāda Indonesia, antara lain:
1. YM. Khantidharo Mahāthera 
2. YM. Sukhito Mahāthera
3. YM. Dhammajato, Thera
4. YM. Jayamedho
5. YM. Sīlanando
6. YM. Khemadharo 
7. YM. Uggaseno

Serangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan Prosesi Umat menuju Uposathāgāra pada pukul 08.00 WIB, dengan membawa persembahan jubah Kaṭhina beserta perlengkapannya yang akan dipersembahkan kepada para bhikkhu. 

Kemudian dilanjutkan dengan upacara Saṅghakamma yang dilakukan oleh para bhante yang menjalankan vassa di Padepokan Dhammadīpa Ārāma. 

Setelah upacara Saṅghakamma selesai, para bhikkhu dan umat menuju Dhammasāla Lumbini untuk melanjutkan kegiatan pengukuran, pemotongan dan penjahitan jubah Kaṭhina.

Proses penjahitan selesai pada pukul 15.30 WIB, kemudian dilanjutkan dengan proses penyelupan dan pewarnaan jubah hingga pengeringan selesai pukul 17.15 WIB.

Lalu acara ditutup dengan ucapan anumodana dari YM. Khantidharo Mahāthera selaku kepala Vihara Padepokan Dhammadīpa Ārāma, yang menerima langsung jubah Kaṭhina yang telah selesai dibuat dalam satu hari tersebut.

Dilanjutkan juga dengan sambutan Padesanayaka Jawa Timur, YM. Sukhito Mahāthera yang mengungkapkan muditacitta atas terlaksananya kegiatan Kaṭhinadussaṁ untuk pertama kali di Jawa Timur. 

Kami atas nama keluarga Besar Padepokan Dhammadīpa Ārāma, mengucapkan terimakasih dan anumodāna kepada seluruh umat Buddha yang telah berkenan mendukung kegiatan ini hingga dapat terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir.

Semoga semuanya penuh berkah kebahagiaan. 


Sumber: Taste of Truth