x

Teman Dasasila, Program Edukasi Bantu Warga Di Desa Buddhis

Dasasila telah menyelenggarakan sebuah kegiatan, TEMAN DASASILA, di Desa Merden, Banjarnegara dan Desa Plandi, Banyumas pada 31 Mei – 5 Juni 2018. Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pendidikan.

Dasasila menyelenggarakan berbagai kegiatan: memberikan informasi seputar dunia perkuliahan dan beasiswa; menyelenggarakan pelatihan kerajinan tangan; membangun pojok baca; dan menyelenggarakan seminar smart-parenting.

Yudithia, selaku pendiri dari Dasasila mengatakan, “Saya merasa sangat bersyukur bahwa kita dapat bekerja sama dengan saudara sedhamma di berbagai daerah sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.” Dia menambahkan, “Diharapkan dengan adanya pojok baca dapat meningkatkan minat baca anak-anak dan juga meningkatkan keingintahuan mereka terhadap ilmu pengetahuan dengan melanjutkan pendidikan ke tahapan yang lebih tinggi.”

 

Teman Dasasila adalah sebuah program sosial yang digagas oleh Dasasila. Program ini diselenggarakan setiap 6 bulan dan telah terlaksana sejak Desember 2017. Dasasila membuat buku catatan berisikan informasi detail mengenai perguruan tinggi, khususnya yang berada di daerah Jawa. Selain itu, tes minat dan bakat juga dilaksanakan untuk mengetahui minat dan bakat anak tingkat SMA terkait jurusan yang sesuai untuk mereka.

Konsultasi terkait biaya pendidikan dan jenis perguruan tinggi yang sesuai merupakan hal lainnya yang difasilitasi oleh Dasasila. Bagi anak usia balita hingga tingkat SMP, Dasasila menyelenggarakan pelatihan seni dan kerajinan tangan untuk meningkatkan kemampuan motorik mereka.

 

Bagi orangtua, Dasasila berkolaborasi dengan Wandani PC Banjarnegara menyelenggarakan seminar smart-parenting, yang bertujuan untuk menjelaskan kepada para orangtua bagaimana cara yang tepat untuk mengontrol anak-anak untuk tidak terlalu bergantung pada gadget di zaman modern saat ini dan menyakinkan mereka terkait pentingnya Pendidikan sehingga dapat mendukung anak-anaknya untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dasasila adalah organisasi Buddhis yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan umat Buddha di pedesaan, melalui penerapan Dhamma secara universal. Melalui sinergi dengan berbagai pihak, Dasasila mencoba untuk menyediakan akses ilmu pengetahuan di berbagai desa Buddhis dengan berbasis kearifan lokal yang telah ada. Sejak November 2017, Dasasila telah melaksanakan dua kegiatan di tiga desa yang berbeda. Acara Teman Dasasila sebelumnya dilaksanakan di Desa Tlogowungu, Kaloran, Temanggung.

 
Devyana Kurniawan | Press Officer Dasasila | Telp. 087875156382

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi:
Vanessa Virginia | Media Communication Crew | Telp. 082273234419


Sumber: BuddhaZine.com

Dibaca : 1130 kali