x

Dimulai dengan tekad yang kuat untuk dapat membangun sebuah vihāra yang dapat melahirkan para bhikkhu dari putra-putra Indonesia ini, Bhikkhu Sombat mulai mencari tanah yang tepat untuk membangun vihāra yang memiliki Uposathāgāra sehingga dapat menahbiskan bhikkhu-bhikkhu yang akan mengembangkan Buddhasasana di Indonesia ini. Setelah melalui perjuangan yang keras dan panjang, akhirnya berdirilah dengan megah Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya dengan sumbangan dari berbagai pihak baik dari dalam dan dari luar negeri.

Saya menyampaikan anumodana yang setinggi-tingginya kepada Bhikkhu Sombat untuk semua usaha dan kerja kerasnya, juga kepada Alm. Bapak Anton Haliman untuk sumbangan tanah yang dipersembahkannya, kepada Bapak Rai Pratadaja untuk rancangan dan arsitek kompleks vihāra, juga kepada semua donatur sehingga Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya dapat selesai dengan sempurna dan sampai sekarang ini tetap menjadi tempat bernaung para bhikkhu Saṅgha Theravāda Indonesia dan tempat umat belajar dan melaksanakan Buddha Dhamma khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Perjalanan Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya sampai sekarang ini mewarnai perkembangan Buddha Dhamma di Indonesia, terutama di Jakarta dan sekitarnya Pada saat awal peresmian Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya pada tanggal 24 Agustus 1985, umat yang datang ke vihāra masih sedikit, sekarang setelah 25 tahun kemudian, vihāra tidak dapat lagi menampung umat yang ingin melakukan puja bakti dan mempunyai kegiatan yang beragam, baik untuk anak-anak hingga manula. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan untuk merencanakan pembangunan gedung berlantai 8 yang berlokasi di belakang Uposathāgāra. Gedung ini direncanakan untuk menampung kegiatan umat yang bertambah banyak terutama untuk anak sekolah minggu dan kegiatan remaja dan pemuda yang menjadi generasi penerus kita. Semoga pembangunan gedung ini dapat segera terwujud dengan dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat memenuhi kegiatan vihāra yang semakin tinggi untuk kepentingan semua umat.

Semoga semua makhluk berbahagia.

Dibaca : 8254 kali