x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 11 September 2016
    MENGHILANGKAN KEBENCIAN YANG ADA DI DALAM DIRI -
    Munculnya kebencian Hidup di masyarakat modern bukan menutup kemungkinan semua berjalan dengan lancar dan baik sesuai harapan. Terkadang apa yang sudah direncanakan secara masak-masak, dihitung dengan matang-matang kadang hasilnya tidak sesuai harapan. Ketika seseorang menerima hal yang tidak sesuai dengan harapan, akan mendorong timbulnya rasa tidak suka yang berujung pada kebencian dalam waktu yang panjang. Hal ini dapat terjadi di dalam lingkungan keluarga, pergaulan, bahkan di lingkungan sosial kemasyarakatan. Kebencian yang tersimpan akan menjadi api awal yang menimbulkan perpecahan atau ketidaksenangan. Kebencian memang halus tidak nampak, ketika belum mewujudkan diri menjadi sebuah perilaku. Namun kalau tidak disadari kebencian akan menjadi bom waktu yang kalau tiba waktunya akan jadi ledakan besar.

    Bhikkhu Atthadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 04 September 2016
    DHAMMA YANG MEMBAWA KEBAHAGIAAN -
    Kita sebagai manusia tentu hal yang wajar memiliki keinginan di dalam kehidupan, khususnya berkaitan tentang kebahagiaan. Bahkan setiap hari kita selalu berdoa, setiap bangun pagi dan dimanapun kita berada, selalu melakukan hal tersebut. Tujuannya adalah memperoleh kesejahteraan lahir dan batin, seperti halnya kebahagiaan, ketentraman, panjang usia, kekayaan, kesehatan, dan lain-lain. Demikian halnya agama Buddha atau lebih sering dikenal dengan Buddha Dhamma, adalah ajaran yang dapat membuat manusia mencapai keinginan atau harapan yang kita miliki di dalam kehidupan ini. Sang Buddha menjelaskan bahwa kebahagiaan ada dua macam; yang pertama kebahagiaan yang bersifat duniawi (lokiya) dan yang kedua adalah kebahagiaan di luar duniawi (lokuttara).

    Bhikkhu Virasatiko,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 28 Agustus 2016
    HUT KE-31 SῙMĀ VIHĀRA JAKARTA DHAMMACAKKA JAYA -
    Hari ini kita memperingati hari ulang tahun Sīmā yang ke-31 di Vihāra Jakarta Dhammacakka Jaya. Sepanjang perjalanannya dari sejak diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1985 oleh Y.M. SOMDET NYANASAMVARA yang kemudian menjabat Saṅgharaja Thailand, sampai saat ini banyak mengalami suka duka.

    Bhikkhu Sri Subalaratano, Mahāthera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 21 Agustus 2016
    P A Ñ C A B A L A -
    Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali hal-hal atau permasalahan yang kita temui dan hadapi, ada hal-hal yang menyenangkan, tetapi banyak juga yang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Ketika kita mengalami hal-hal yang menyenangkan, kita merasa senang, gembira, dan bahagia. Tetapi ketika mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan, banyak sekali yang merasa sedih, susah, kecewa, gelisah, khawatir, tertekan, bahkan ada yang sampai stres maupun bunuh diri. Mengapa mereka bisa sampai stres? Karena mereka tidak bisa mengatasi masalah tersebut, mereka tidak mengetahui atau tidak mempunyai cara bagaimana agar bisa mengatasi masalah tersebut.

    Bhikkhu Santadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip