x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 20 Mei 2018
    KEBAHAGIAAN MERUPAKAN TUJUAN SEMUA MAKHLUK -
    Semua makhluk mendambakan, menginginkan, mengidam-idamkan kebahagiaan terutama manusia. Manusia sangat mendambakan kebahagiaan itu sendiri, tetapi perlu diketahui setiap manusia mempunyai cara dan tujuan yang sangat berbeda antara satu dengan yang lain untuk memperoleh kebahagiaan. Ada beberapa manusia mencari kebahagiaan menggunakan cara yang benar dan juga sebagian mencari kebahagiaan menggunakan cara yang kurang tepat. Hal pertama yang harus dilakukan, ketika seseorang menginginkan kebahagiaan dengan cara menghindari perbuatan buruk, pernyataan ini dinyatakan oleh Sang Buddha dalam Dhammapada 183, yaitu Sabbapāpassa akaraṇaṁ artinya “tidak melakukan segala bentuk kejahatan”. Dengan upaya untuk tidak melakukan segala bentuk perbuatan buruk maka secara otomatis terkondisi untuk melakukan perbuatan yang baik, karena hanya perbuatan baik yang mampu menjadi pengondisi buah kebahagiaan.

    Bhikkhu Indasilo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 13 Mei 2018
    BAK BUNGA TERATAI -
    Damai itu indah pada awalnya, indah pada pertengahannya, dan indah pula pada akhirnya. Prinsip kerukunan sendiri mencakup tiga hal: sikap batin rukun, pencegahan konflik, dan akhirnya terjadilah persaudaraan atau keutuhan. Sikap batin rukun adalah pengendalian nafsu-nafsu ke-inginan individual.

    Bhikkhu Atthaviro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 06 Mei 2018
    KEBAHAGIAAN BEBAS DARI HUTANG -
    Kebahagiaan merupakan keinginan dan harapan yang sangat lumrah, yang diharapkan oleh manusia dalam kehidupan ini maupun kehidupan di masa mendatang. Makhluk apapun pasti tidak mau menderita, baik secara fisik maupun mental. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa manusia sendiri tidak ingin menderita, bahkan menginginkan kebebasan dan kebahagiaan dalam kehidupan saat ini juga. Dalam perkembangan ekonomi saat ini, manusia dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya dan di era saat ini semua serba instant.

    Bhikkhu Karunasilo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 29 April 2018
    ANUPUBBIKATHĀ -
    Ketika sang Buddha telah mencapai penerangan sempurna, Tapussa dan Balika, yang kita kenal saat ini sebagai siswa awam (upāsāka) pertama di dunia, beliau berdua menerima ajaran pertama kali, bukan Dhammacakkapavattana Sutta, akan tetapi sang Buddha mengajarkan anupubbikathā, yang disampaikan di bawah pohon Rajayatana, yang sebetulnya merupakan ajaran paling awal yang disampaikan oleh sang Buddha. Anupubbikathā juga sering disampaikan oleh sang Buddha kepada umat awam seperti Yasa dan keluarganya, juga kepada Bhaddavaggiya.

    Bhikkhu Senajayo ,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip