x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 07 Februari 2016
    HARAPAN BARU DI TAHUN BARU IMLEK -
    Tahun Baru Imlek merupakan awal tahun musim semi setelah melewati musim dingin yang panjang. Pada saat itu para petani merayakan sebagai rasa syukur menyambut pergantian musim. Tahun Baru Imlek merupakan suatu momen yang penting, semua keluarga berkumpul, makan bersama, bercerita pengalaman selama satu tahun, saling bertekad penuh harapan, saling memaafkan, serta berdoa kepada leluhur. Di samping itu mereka juga saling berbagi kepada yang lebih muda, dan sebaliknya. Hal tersebut yang dikenal isitilah “Ang Pau” (kertas merah) di dalamnya berisikan uang. Hal ini sebagai konsep berdana atau berbagi rezeki antara yang tua kepada yang muda, yang berkeluarga kepada orangtua. Hal ini juga adalah praktik dari balas jasa.

    Bhikkhu Uggaseno,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 31 Januari 2016
    RODA-RODA KEBERHASILAN -
    Jika berbicara kehidupan tentu semua orang ingin hidup yang baik. Hidup yang baik ini bukan hanya masalah hidup yang bebas dari masalah. Hidup yang baik yaitu perkara bagaimana seseorang dapat mencapai tujuan-tujuannya. Tujuan seseorang pastilah berbeda, dari satu orang ke orang yang lainnya. Mencapai kesuksesan itulah bahasanya. Sukses hanya sebuah kata untuk memberikan pernyataan, pernyataan atas suatu hal yang orang harapkan kemudian didapatkannya. Sukses ini pun bukan juga masalah materi, tetapi lebih dari itu adalah masalah batin atau mental.

    Bhikkhu Gunapiyo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 24 Januari 2016
    SEHAT LUAR DAN DALAM -
    Sakit adalah hal yang sukar di terima oleh semua makhluk hidup dan tidak ada pengecualian selain orang-orang yang memiliki kebijaksanaan. Dalam hal yang sederhana hingga ke hal yang sulit sekalipun, rasa sakit itu seakan-akan membuat menderita. Kesehatan dari jasmani dan batin itulah yang sukar diperoleh, namun juga tidak sulit untuk didapat. Hidup sebagai manusia tidak semudah yang dibayangkan, bahagia, gembira setiap waktu dan bebas dari penderitaan fisik maupun batin. Dalam Dhamma dijelaskan, hidup ini tidak pasti dan selalu berubah oleh karena itu kesehatan jasmani dan batin itu penting untuk kita jaga dan kita rawat. Maka dari itu sebelum sakit atau penderitaan itu terkondisi dan muncul kita harus berusaha mencegah sejak dini, alangkah lebih baik mencegah sakit itu datang daripada sudah sakit baru berobat, artinya adalah lebih baik mencegah daripada berobat. Andaikan saja kita sudah sakit, lekaslah kita segera berobat sebelum sakit itu semakin parah.

    Bhikkhu Silayatano,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 17 Januari 2016
    PALING DICINTA -
    ”Aku mencintaimu, Aku sangat mencintaimu, Aku siap melakukan apapun untukmu, Aku rela mati demi kamu.” Seperti itulah kira-kira ungkapan orang-orang dalam menyatakan perasaan cintanya kepada orang yang dicintainya, apakah itu oleh pasangan suami-istri atau oleh pasangan yang memulai pendekatan (pacaran). Bagi yang sudah berkeluarga, menganggap yang paling dicintai adalah pasangannya, atau mungkin anaknya. Mendengar ungkapan seperti itu, terlihat bahwa seseorang sangat mencintai pasangannya, melebihi cintanya pada apapun. Benarkah demikian? Pada umumnya seperti itulah kenyataan yang kita ketahui. Bisa jadi kita sendiri menyetujui pendapat demikian.

    Bhikkhu Sakhadhammo,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip

Video

Arsip

Artikel

Arsip

Majalah Dhammacakka

    • Edisi #80 Kathina 2015

      Edisi #80 Kathina 2015


      Daftar isi:

      - Melakukan Perombakan Batin Diri Sendiri, Membuat Hidup Menjadi Damai dan Bahagia
      - Cara Bijak Mengatasi Api Amarah
      - Berdana dengan Kewaspadaan
      - Membangun Budaya Santun dalam Agama Buddha
      - Dhamma adalah Sumber Kebahagiaan