Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 28 Desember 2014
    MENGALAHKAN KEKOTORAN BATIN SENDIRI -
    Menaklukkan diri sendiri atau mengubah perilaku sendiri sangat sulit dibandingkan dengan berbuat baik. Orang pada umumnya tidak bisa melakukan perubahan yang lebih baik dikarenakan tidak ada niat yang baik untuk mengubahnya. Soal mudah atau sulitnya terletak pada niat dia mengubah. Apa yang harus dilakukan dalam kehidupan? Tiada lain adalah melatih diri dengan benar. Para bhikkhu yang baru diupasampada, bhikkhu yang sudah Thera atau bhikkhu Mahathera, tetap harus “BERLATIH”. Umat biasa (perumah tangga), umat yang sudah di-Visudhi upāsaka/upāsikā (yang berlindung kepada Buddha, Dhamma, Sangha, dan menerima lima latihan sila) yang baru atau yang sudah lama, tetap harus “BERLATIH”. Makhluk suci Sotapanna, Sakadagami, Anagami juga masih berlatih, kecuali seseorang yang sudah menjadi Arahat.

    Bhikkhu Upasīlo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 21 Desember 2014
    PERENCANAAN HIDUP -
    Orang pada umumnya tidak memperdulikan pentingnya perencanaan hidup dan hanya memilih melanjutkan apa yang dahulu telah dilakukan tanpa mau membuat perencanaan yang lebih baik lagi. Akibatnya mereka tidak pernah mempunyai target yang akan dicapai dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan, akhirnya mereka hanya membuang-buang waktu dan hasilnya tidak memuaskan, bahkan mereka tidak mendapatkan apa yang menjadi harapannya.

    Bhikkhu Atthadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 14 Desember 2014
    CARA MENYEBERANGI BANJIR -
    Di waktu musim hujan selama beberapa hari bahkan beberapa minggu atau bulan, air pasti mendatangkan banjir di tempat-tempat tertentu. Hujan air menimbulkan banjir bandang, hujan materi menimbulkan banjir harta yang dapat mendatangkan banjir keserakahan dan kemelekatan. Tapi, dengan bisa menyeberanginya atau melewatinya maka hidup menjadi aman dan nyaman serta bahagia.

    Bhikkhu Cittagutto Thera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 07 Desember 2014
    SARAN ORANG BIJAK -
    Tidak mudah bagi kita untuk selalu bisa menerima saran dan masukan dari orang lain. Terlebih lagi orang yang memberikan saran tersebut tidak mempunyai hubungan yang khusus dengan kita, atau mungkin orang yang usianya lebih muda dari kita. Kadang kita bersedia mendengarkan, kadang juga mengabaikan, atau justru menjadi kesal karena tidak sesuai dengan kemauan kita, tidak peduli meskipun nasehat tersebut baik.

    Bhikkhu Khemadharo,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip