x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 18 Juni 2017
    BERSYUKUR DAN BERTERIMA KASIH -
    Kitab Suci Dhammapada merupakan salah satu kitab dalam Agama Buddha yang terdapat dalam Khuddaka Nikāya. Memuat khotbah-khotbah Sang Buddha yang disusun dalam bentuk syair dengan jumlah 423 syair. Pada kesempatan kali ini akan dibahas salah satu syair yang terdapat dalam Sukha Vagga, yaitu syair 204. Syair tersebut dibabarkan oleh Sang Buddha kepada Raja Pasenadi dari Kosala setelah sebelumnya Raja Pasenadi mengikuti nasihat dari Sang Buddha untuk mengurangi makan.

    Bhikkhu Ratanajayo ,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 11 Juni 2017
    PENJARA YANG MENGERIKAN -
    Penjara, atau bui satu kata yang sudah akrab di telinga kita. Hal ini karena kata penjara sering menghiasi berbagai media cetak atau elektronik. Penjara adalah sebuah bangunan tempat untuk mengurung orang yang dihukum dikarenakan melakukan tindakan kriminal atau kejahatan. Orang yang masuk penjara atau disebut tersangka akan dikurung dalam suatu bangunan dalam kurun waktu tertentu tergantung dari jenis kasus kriminal yang dilakukan tersangka. Apakah nyaman tinggal di penjara? Jawabnya “Tidak”. Senyaman apapun seseorang hidup di Penjara pasti menginginkan hidup bebas. Demikian pula kita mendambakan kebebasan dari penjara samsara yang tengah mengurung kita saat ini.

    Bhikkhu Gunajayo ,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 04 Juni 2017
    TIDAK GENTAR TERHADAP KEMATIAN? -
    Umumnya orang takut terhadap kematian. Mengapa orang takut terhadap kematian? Apakah hanya di jaman sekarang ini saja orang takut terhadap kematian? Bagaimana dengan orang di jaman dahulu? Ternyata sama saja baik di jaman sekarang mau pun di jaman dahulu. Hal ini dapat kita ketahui dari kisah “Brahmana Janussoni yang dijelaskan dalam Aṅguttara Nikāya IV.173.” Pada suatu ketika Brahmana Janussoni mendekati Sang Buddha dan menyapa Beliau demikian: “Tuan Gotama, saya mempertahankan dan memegang pandangan bahwa tidak ada orang yang tidak takut akan kematian, yang tidak gentar akan kematian.”

    Bhikkhu Adhijayo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 28 Mei 2017
    MENGHADAPI PROBLEM KEHIDUPAN -
    Fakta dalam kehidupan ini, setiap manusia pasti mengalami yang namanya problem atau permasalahan-permasalahan. Sering disadari atau tidak, kita sudah terlalu jauh hanyut dan larut dalam problem-problem yang dialami, sehingga beban hidup yang semakin berat bertubi-tubi terus menimpa. Bahkan ada yang memutuskan untuk bunuh diri karena sudah tidak sanggup menghadapi problem hidupnya sendiri. Sebenarnya, apakah yang salah adalah beban kehidupan? Atau cara seseorang yang salah berpraktik dalam hidupnya?

    Bhikkhu Senajayo ,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip