x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 15 Januari 2017
    PERBUATAN BAIK DAN TIDAK BAIK, ITULAH WARISAN YANG SESUNGGUHNYA -
    Di dalam kisah Dhammapada Atthakathā, dijelaskan tentang pertanyaan Samanera Pandita perihal air, kayu dan lain-lain yang tidak memiliki kesadaran, tetapi bisa diarahkan atau dibentuk sesuai keinginan si pembentuk, demikian halnya dengan diri kita yang memiliki kesadaran, tentunya bisa dibentuk atau diarahkan kepada hal yang baik maupun tidak baik. Kembali lagi kepada diri kita sendiri, mau mengarahkan kepada yang baik atau yang tidak baik.

    Bhikkhu Virasatiko,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 08 Januari 2017
    HABIS GELAP TERBITLAH TERANG -
    Kejahatan merupakan gejala sosial yang senantiasa dihadapi oleh setiap masyarakat di dunia ini. Dalam keberadaannya, kejahatan sangat meresahkan, karena mengganggu ketertiban dan ketenteraman masyarakat luas dalam menjalani aktivitas kehidupannya. Berdasarkan terminologinya, kejahatan dianggap sebagai perbuatan antisosial, kegagalan, atau penolakan untuk berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

    Bhikkhu Ratanadhiro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 01 Januari 2017
    LOKO PATHAMBHIKA METTĀ -
    Dalam Mahāparinibbāna Sutta yang memuat pesan terakhir Guru Agung Buddha, Beliau berpesan: “Dhamma dan Vinaya yang telah Aku ajarkan, itulah yang akan menjadi gurumu kelak setelah Aku tiada lagi.” Dhamma atau ajaran luhur dan Vinaya atau Sīla (kemoralan) yang telah diajarkan oleh Beliau, masih utuh di tengah-tengah kita untuk mengatasi tantangan kehidupan. Dhamma akan memberikan semangat dan menghibur pada saat-saat saudara menghadapi tantang-an kehidupan. Dhamma akan memberikan jawaban dan bimbingan yang tepat dalam perjuangan kehidupan.

    Bhikkhu Sri Subalaratano, Mahāthera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 25 Desember 2016
    KESUKSESAN SEJATI -
    Di dalam kehidupan, manusia bahkan para makhluk lain pasti mengharapkan yang namanya kesuksesan. Tetapi taraf kesuksesan setiap individu berbeda-beda. Yang membedakan sesungguhnya adalah tingkat kepuasan. Setiap orang dapat saja merasa puas hanya dengan memperoleh makanan di hari esok, ada juga yang cukup puas dengan hanya memiliki hari libur yang panjang, dan lain-lain. Meskipun demikian, inti sesungguhnya adalah apapun yang diharapkan dapat tercapai.

    Bhikkhu Saccapiyo,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip

Video

Arsip

Artikel

Arsip

Majalah Dhammacakka

    • Edisi #84 Kathina 2016

      Edisi #84 Kathina 2016


      Daftar isi:
      - Dhammadesana: Sikap Berterus Terang, Bisa Berbuat Baik adalah Berkah

      - Fokus Utama: Mengkaji Sanghadana dalam Pengertian yang Benar
      - Info: Vihara Giri Santi Loka, Vihara Paling Maju di Jepara
      - Artikel: Eling lan Waspodo