Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 20 April 2014
    JARANGNYA KEMUNCULAN SEORANG BUDDHA -
    Ketika Anathapindika-seorang hartawan yang kelak menyumbangkan Vihara Jetavana, begitu mendengar kata “Buddha” dari saudara iparnya dalam suatu kunjungannya ke Rajagaha, ia berseru: ”Teman, jarang sekali mendengar kata ‘Buddha’, ‘Buddha’ di dunia ini.” Demikian juga dengan seorang guru brahmana yang bernama Sela, mendengar kata “Buddha” dari Keniya-petapa berambut kasar. Begitu ia mendengar kata “Buddha” ia berpikir, “Jarang sekali mendengar kata ‘Buddha’, ‘Buddha’ di dunia ini.” Tidak lama kemudian, ia bersama tiga ratus pengikutnya menjadi ehibhikkhu dan tujuh hari kemudian mereka mencapai tingkat kesucian Arahat.

    Bhikkhu Santadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 13 April 2014
    MENYENTUH KEHIDUPAN DENGAN KASIH SAYANG -
    Ada dua kekuatan dasar yang mampu memotivasi diri kita: rasa takut dan cinta. Ketika kita sedang berada dalam ketakutan, kita menarik diri dari kehidupan, dan menolak segala macam bentuk penderitaan yang menjadi bagian dari hidup. Tetapi, ketika kita sedang diliputi dengan kekuatan cinta, maka diri kita menjadi terbuka terhadap segala hal yang ditawarkan oleh kehidupan dengan penuh semangat, diliputi kegembiraan dan menerimanya secara utuh. Kita perlu belajar mencintai diri kita terlebih dahulu, dalam segala kelebihan yang kita miliki dan ketidaksempurnaan diri kita. Jika kita tidak bisa mencintai diri kita sendiri, kita sepenuhnya tidak akan bisa mengetahui kemampuan kita untuk mengasihi orang lain atau untuk memperlakukan orang lain dengan baik. Perubahan dan semua harapan untuk kehidupan yang lebih baik itu bersembunyi dalam keberanian dan hati yang terbuka untuk menghargai kehidupan orang lain.

    Bhikkhu Khemadharo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 06 April 2014
    MENGELOLA KEMARAHAN -
    Kemarahan merupakan reaksi dari emosi yang dimiliki oleh seseorang ketika menghadapi hal-hal yang tidak sesuai dengan harapannya. Hal inilah yang sering kita jumpai dan mungkin kita alami. Kemarahan menjadi suatu masalah dalam hidup kita, jika memiliki dampak tertentu pada diri kita maupun orang lain. Dampak dari kemarahan adalah kita akan dikritik orang lain karena pada dasarnya orang lain tidak ada yang mau dimarahi. Selain itu, kita juga akan menjadi malu setelah marah, dan yang paling merugikan adalah hubungan diri kita mungkin akan merenggang atau putus hubungan dengan orang lain, akibatnya orang tersebut tidak lagi mau menghubungi kita bahkan dapat membuat terputusnya tali persahabatan. Sebagai makhluk sosial, ketika tidak ada yang mau menyapa bahkan tidak ada yang peduli pada diri kita, kita merasa ada sesuatu yang kurang. Tetapi jika kita hidup berdampingan dan harmoni maka hidup menjadi lebih memiliki makna. Oleh karena itu kita perlu mengelola kemarahan diri kita, sebelum merusak kehidupan kita.

    Bhikkhu Atthadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 30 Maret 2014
    PENYEBAB-PENYEBAB KONFLIK DAN RESOLUSINYA -
    Dalam kehidupan sehari-hari jika kita melihat, banyak kasus konflik yang terjadi di masyarakat disebabkan oleh alasan-alasan yang sesungguhnya hanya pribadi tertentu karena persoalan kecil, yang sesungguhnya tidak perlu dibesar-besarkan. Namun mengapa hal itu bisa terjadi? Tentu saja ada sebab-sebab yang bisa dan perlu kita selidiki dan pelajari untuk kita mengerti dan sikapi secara baik dan bijaksana. Marilah kita ikuti lebih jauh dalam penjelasan di bawah ini.

    Bhikkhu Cittagutto Thera,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip

Video

Arsip

Artikel

Arsip

Majalah Dhammacakka

    • Edisi #73 Maghapuja 2014

      Edisi #73 Maghapuja 2014


      Daftar isi:

      - DHAMMADESANA: Apa Kata Mereka Tentang  BudayaTionghoa
      - INSPIRASI: Kasih Sayang Ibu
      - ARTIKEL: Antara Power Bank dan Meditasi
      - INFO: Dhammakaya yang Kontroversial
      - FOKUS UTAMA: Buddhadhamma Menawarkan Kebahagiaan
      - OPINI: Cendekiawan Buddhis Jelaskan Buddhisme di Acara Oprah Winfrey
      - LIPUTAN LUAR: Apresiasi Kepada Bhikkhu Sri Lanka atas Kontribusi STI dan HUT STI
      - PROFIL: dr Lo Siaw Ging: Dokter tanpa Tarif
      - KONSULTASI KESEHATAN: Pendekatan Terhadap Pasien dengan Penyakit Sendi

      dan masih banyak artikel & liputan menarik lainnya.