Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Selasa, 23 September 2014
    LATIHAN BERTAHAP UNTUK KEMAJUAN BATIN -
    Siddhattha Gotama adalah makhluk agung yang semua kehidupannya terberkahi hal-hal baik, mempunyai sifat-sifat luhur, yang selalu berhasil dalam setiap usaha merealisasi cita-cita, mampu mengentaskan makhluk hidup dari penderitaan. Beliau sebagai seorang pemimpin komunitas bhikkhu, sebagai tokoh dunia, bahkan sebagai guru para dewa dan manusia mempunyai banyak siswa dan pengikut, dan dipuja hampir di setiap negara di muka bumi ini. Semua bentuk keberhasilan itu sebagai buah usaha serta kebajikan dari sebuah proses yang amat panjang, di mana dalam setiap kehidupan-Nya sang bakal (calon) Buddha ini memenuhi parami yang nantinya parami-parami tersebutlah yang bisa mendukung keberhasilan merealisasi Kebuddhaan.

    Bhikkhu Vīrasīlo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 14 September 2014
    MENGOBATI KESERAKAHAN -
    Dalam Kitab Suci Aṅguttara Nikāya, Dukanipātapali, Buddha menjelaskan bahwa ada dua jenis penyakit, yaitu: penyakit jasmani dan penyakit batin. Penyakit jasmani ada banyak macamnya, mulai dari penyakit jasmani yang ringan sampai penyakit jasmani yang berat, yang mungkin mengancam kehidupan orang yang terdera penyakit itu. Penyakit batin adalah keserakahan, kebencian, dan kebodohan batin. Dalam keseharian bisa ditemukan beberapa makhluk/ orang dapat bebas dari penyakit jasmani selama seminggu, dua minggu, ..., setahun, dua tahun, …bahkan mungkin seratus tahun. Tapi sulit untuk menemukan makhluk/orang yang terbebas dari penyakit batin walaupun hanya sesaat saja.

    Bhikkhu Dhammiko Thera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 07 September 2014
    DHAMMA, JALAN MENUJU KESELAMATAN -
    Banyak konsep tentang keselamatan yang sudah biasa kita dengar di kehidupan sehari-hari, seperti contohnya sebuah pepatah tidak asing lagi mengatakan “Manusia berusaha, Tuhan menentukan”, “Sudah kehendak Tuhan”, “Segala sesuatu yang dialami dunia ini sudah diatur oleh “yang di atas”.

    Bhikkhu Khemadharo,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 31 Agustus 2014
    MENJADI UMAT BUDDHA SEJATI: MELAKUKAN PūJā YANG TERTINGGI KEPADA BUDDHA -
    Dalam Agama Buddha terdapat empat kelompok umat Buddha (parisa) yaitu: bhikkhu, bhikkhuni, upāsaka, dan upāsika. Bhikkhu dan bhikkhuni adalah umat Buddha yang melatih diri menjalankan kehidupan suci yang ditunjukkan Buddha untuk mengakhiri penderitaan. Mereka sering disebut sebagai umat Buddha pabbajitā (yang meninggalkan kehidupan berumah tangga). Sedangkan upāsaka dan upāsika adalah umat Buddha laki-laki dan perempuan yang menjalankan kehidupan keduniawian. Mereka sering disebut sebagai gharāvāsa, umat awam perumah tangga. Ada yang menikah dan ada juga yang tidak menikah (dalam agama Buddha seseorang tidak diwajibkan harus menikah atau harus menjadi bhikkhu, semua ini tergantung pada pilihan hidup masing-masing orang). Kata upāsaka/upāsika memiliki pengertian orang yang mengenal dekat, “akrab” dengan Buddha, Dhamma, dan Saṅgha.

    Bhikkhu Khemadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip

Video

Arsip

Artikel

Arsip

Majalah Dhammacakka

    • Edisi #75 Asadha 2014

      Edisi #75 Asadha 2014


      Daftar isi:

      - Pengaruh Buddhis Bagi Dunia Pendidikan
      - Memulihkan Substansi Pendidikan di Era Modern
      - Tujuan Hidup Dalam Agama Buddha
      - Pengetahuan Sumber Kehidupan
      - Melangkah di Jalan Dhamma
      - Perubahan