x

Berita Dhammacakka & Dhammadesana Mp3

Puja Bakti Umum Minggu pk. 9.09 - 11.00 wib

  • Minggu, 10 Desember 2017
    YANG HARUS DIHINDARI PERUMAH TANGGA -
    Di zaman teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang seperti saat ini, teknologi informasi dan komunikasi memberikan banyak kemudahan bagi setiap orang untuk melakukan sesuatu. Seperti halnya komunikasi seolah-olah tidak ada batasnya; jarak yang jauh terasa begitu dekat bahkan tidak perlu waktu yang lama. Saat kita di tempat yang asing sekalipun kita tidak mungkin tersesat, sebab teknologi informasi ada digenggaman tangan kita. Tapi ada hal yang tidak disadari dalam pengunaan teknologi informasi dan komunikasi. Ketika tidak digunakan dengan baik justru akan membawa pada kemunduran, bahkan kehancuran bagi perumah tangga. Sebagai perumah tangga pasti ada keinginan selalu maju dalam segala hal, baik bersifat materi maupun yang bersifat bukan materi. Oleh sebab itu, sebagai umat perumah tangga yang ingin maju dalam hidupnya, ada hal-hal yang perlu diawasi dan dihindari.

    Bhikkhu Atthadhīro,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 03 Desember 2017
    MENGHORMAT ENAM ARAH -
    Suatu ketika Sang Bhagavā sedang menetap di Rājagaha, di hutan Bambu. Pada saat itu, seorang perumah tangga bernama Sigālaka, setelah bangun pagi dan keluar dari kota Rājagaha, dengan pakaian dan rambut yang basah, merangkapkan kedua tangannya dan menyembah ke arah yang berbeda-beda: ke arah timur, ke arah selatan, ke arah barat, dan ke arah utara, ke arah bawah dan ke arah atas. Dan Sang Bhagavā, setelah bangun pagi, merapikan jubah, kemudian membawa jubah dan mangkuk-Nya, pergi ke Rājagaha untuk menerima persembahan dana makanan.

    Bhikkhu Hemadhammo, Thera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 26 November 2017
    PERUBAHAN ADALAH PENGHARAPAN -
    Setelah satu bulan para umat Buddha merayakan kaṭhina kala, masa kaṭhina, umat Buddha bersuka cita, bergembira, melakukan berbagai kegiatan untuk merayakan kaṭhina kala, musim kaṭhina dengan berdana kepada saṅgha.

    Bhikkhu Dhammakaro, Mahāthera,          Baca & dengarkan Audionya

  • Minggu, 19 November 2017
    PERBUATAN PENENTU KEHIDUPAN -
    Dalam berkehidupan, manusia tidak dapat menjalani kehidupannya sendiri, namun berkehidupan bersama keluarga, masyarakat dan makhluk hidup lainnya. Semua makhluk hidup tentu menginginkan kehidupan yang harmonis dan bahagia, namun seringnya harapan dan kenyataan tidak berbanding lurus. Berkeinginan untuk hidup bahagia tetapi bukanlah kebahagiaan yang diperoleh, namun penderitaan. Disinilah kita memerlukan pemahaman Dhamma agar kehidupan kita dapat senantiasa diwarnai dengan kebahagiaan dan rasa syukur.

    Bhikkhu Senajayo ,          Baca & dengarkan Audionya

Arsip