x

KITA TETAP DISIPLIN CORONA PUN BERUBAH

Yankinci samudayadhammam, sabbantam nirodha dhamman’ti

Segala sesuatu muncul karena ada sebabnya;
Segala sesuatu akan lenyap karena sebabnya habis/tidak ada.

(Dhammacakkappavattana Sutta, S.N. LVI. 11)



    DOWNLOAD AUDIO

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammāsambuddhassa

Hidup disiplin perlu kita cermati dengan baik. Kita harus disiplin dalam menata hidup kita sendiri setiap saat. Setiap orang harus bisa menjaga dirinya sendiri secara baik dan benar.

Jika kita mencermati tentang warga masyarakat, sejak bulan Maret 2020 di Indonesia sudah mulai dihantui dengan gangguan yang tak tampak tapi nyata ada, yaitu virus corona. Bahkan di negara-negara lain sudah lebih dahulu tahun 2019 dimulai adanya virus tersebut. Itulah sebabnya sebutan itu dikenal dengan virus corona 19 (coronavirus-19).  

Kapan saja ada sesuatu yang baru di sekitar kita, kita biasanya dihantui dengan rasa asing karena tidak tahu dan tidak kenal apa itu sebenarnya. Begitu ada pihak lain di antara kita yang menyebut dan memberitakan apa itu sebenarnya, kita merasa tidak percaya dan tidak mau terima karena benar-benar tidak terlihat dan tidak tampak di hadapan kita. Namun saat sekarang ternyata itu juga sudah berubah. Semua bisa berubah.
Belum kenal itu sesuatu yang baru. 

Pada waktu masih awal-awal ada corona di Indonesia, kita seolah-olah didesak untuk bersikap diam tidak bisa ambil tindakan apa-apa, banyak yang kebingungan karena belum tahu. Ketika beberapa bulan kemudian, kita dengan hati-hati juga belajar mengerti corona itu sesungguhnya melalui berita kejadian-kejadian yang ada di berbagai tempat, menduga itu bersifat virus atau apa. Kita tidak mau sampai salah sikap yang bisa menimbulkan hal-hal yang tidak baik dan mendatangkan bahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Namun ada banyak orang yang salah sikap dan bahkan tidak mengerti jika dirinya ada salah sikap sehingga menghadapi petaka bagi dirinya sendiri. Demikianlah karena sesuatu yang tak tampak itu, dalam hal ini virus corona, tidak mudah untuk diketahui secara kasatmata (terlihat dengan mata jasmani). 


Sulitnya memahami corona 

Untuk mendeteksi virus corona harus dengan alat teknologi canggih yang biasanya digunakan oleh pihak rumah sakit dan laboratorium. Jika tidak mengetahui ada pihak-pihak tertentu yang benar-benar mampu mendeteksi dan mengetahui virus corona itu benar ada dengan alat canggih, maka bisa terjadi salah sikap. 

Hal itu terbukti sudah banyak kasus yang terjadi ketika ada korban virus corona meninggal, pihak keluarga bersikeras untuk tetap mengambil paksa jenasah keluarga yang terjangkit virus corona untuk diurus sendiri, padahal ada pihak berwajib yang bertanggung jawab mengurus itu. Akan tetapi berbeda dengan kasus lain yang menimpa orang tertentu, mereka persilakan saja pihak berwajib untuk mengurus jenasah keluarga terdampak corona itu dengan penuh tanggung jawab tanpa ada resistansi yang berarti dari pihak keluarga.   

Sesuatu yang bersifat inspiratif dari kejadian-kejadian itu, bahwa ada orang yang sulit untuk menerima kenyataan yang terjadi karena kurangnya pemahaman atas kenyataan yang terjadi dalam hidupnya. Namun sebaliknya ada juga orang yang bisa menerima bahkan dengan cepat dapat menerima karena mampu memahami apa pun itu yang telah terjadi akibat dari berbagai faktor yang ada. 


Menjaga kebersihan adalah kunci hidup sehat

Kebersihan dalam menjalani hidup sehari-hari adalah sangat penting. Kebersihan secara jasmaniah dan juga secara batiniah harus dijaga. Dalam situasi yang sedemikian tidak mudah dipahami saat ini, kita harus memastikan diri kita masing-masing bahwa kita sudah bisa menjaga diri kita sendiri dengan sebaik mungkin. Merawat diri kita dengan cara yang benar dan sesuai dengan situasi. Dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar, kita bisa berusaha menghindari segala bentuk bahaya termasuk bahaya virus corona. 

Kita dituntut untuk menerapkan cara-cara hidup disiplin dengan penuh kesadaran. Kita harus melaksanakan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Kita diminta untuk menggunakan masker secara baik dan benar, mencuci tangan secukupnya, menjaga jarak bila sedang berada bersama dengan orang lain di sekitar kita, dan lain sebagainya.  

 
Bisa ala biasa dalam disiplin

Membiasakan diri dalam menentukan sikap yang sesuai dengan situasi, harus berhati-hati dan waspada dalam menjalani hidup sehari-hari. Jika kita sudah terbiasa waspada dan hati-hati, tentu kita seterusnya berusaha melakukan kebiasaan baik itu. Kita dengan cermat juga harus memperhatikan segala hal di sekitar kita termasuk mengetahui ada berita yang perlu kita pelajari dan mengerti, seperti adanya berita tentang corona ini. Namun ada hal yang harus diwaspadai juga dalam membaca dan mengetahui berbagai berita di media sosial, yaitu terkadang ada berita yang sangat penting tapi juga ada berita yang justru palsu alias berita salah atau hoax. Jika kita tidak hati-hati dan tidak teliti, maka kita akan terdampak oleh berita tidak benar itu, terjadi pelanggaran hukum. Jika kita percaya berita tidak benar itu akan membuat kita bisa salah dalam mengambil sikap dan tindakan. Seperti yang terjadi dalam banyak kasus menyebarkan berita palsu menjadi tersangka penyebaran berita palsu alias hoax atau bohong.

Kita perlu waspada harus bisa mengetahui jika berita itu benar atau tidak benar. Atau kita jangan percaya begitu saja dengan berita itu. Bagaimana kita bisa mengetahui dengan mengklarifikasi kejelasan berita itu. Sebab jika kita tidak hati-hati ternyata berita itu salah tapi kita terima sebagai berita benar, atau sebaliknya, kalau kita tidak teliti menganggap berita itu tidak benar padahal itu benar, maka kita bisa menghadapi masalah juga.  
Bilamana kita bisa terbiasa dalam disiplin diri, maka kita akan terhindar dari hal-hal buruk dan jauh mara bahaya, corona pun tidak menyebar lagi, habis  berubah menjadi hilang dari sekitar kita. 

Disiplin menerapkan tata cara hidup yang baik termasuk menjalankan protokol kesehatan, juga melaksanakan tata cara hidup sesuai dhamma dalam disiplin kemoralan, tentu sangat baik. Hal itu akan bisa menimbulkan perubahan pada penyebaran virus corona tidak bertambah lagi.
Dengan disiplin yang baik dalam menyikapi berbagai persoalan hidup, juga termasuk virus corona, akan menimbulkan ketenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Semoga semua makhluk berbahagia.
Sekian dan terima kasih

Dibaca : 2816 kali