x

Kassapa Bertemu Buddha

Dalam perjalanan antara Rajagaha dan Nalanda, Buddha duduk di bawah pohon beringin, menunggu calon muridNya. Ketika Kassapa tiba di tempat tersebut dan melihat pancaran cahaya dari Buddha, merasakan pencerahan yang terpancar darinya, dia berpikir, “Dia pastilah Guru yang selama ini kucari-cari!”

Selengkapnya

Segenggam Pasir

Buddha tidak mengajarkan apa-apa selain kebenaran. Jika suatu hal adalah tidak benar, Beliau tidak akan mengatakannya. Beliau mengajarkan Dhamma dengan cara sehingga siapapun yang merenungkannya akan dapat menegaskan apa yang Beliau katakan. Beliau juga tidak akan mengajarkan ajaran yang terlalu tinggi untuk dijangkau dan dipahami oleh pendengarnya.

Selengkapnya

Bagaimana Caranya Mengembangkan Cinta Kasih?

Sikap egois menghalangi rasa cinta kita kepada makhluk hidup, kita semua pernah mengalaminya dalam beragam kadar. Agar kebahagiaan datang, kita butuh sebuah pikiran yang tenang, dan sebuah kedamaian demikian hanya bisa didapatkan dari sikap penuh cinta kasih. Bagaimana caranya untuk mengembangkan sikap ini?

Selengkapnya

Apa Istimewanya Savathi?

Sravasti adalah ibu kota kuno Kerajaan Kosala yang diperintah oleh Raja Pasenadi. Ia terkenal karena hubungannya yang panjang dan erat terhadap Buddha. Selama 45 tahun Pengabdian-Nya, Sang Buddha menghabiskan sebanyak 25 vassa di Sravasti, 24 di antaranya secara berturut-turut (tanggal 21-44).

Selengkapnya