x

Ulasan Film SOUL, Bagaimana Anda Menjalani Hidup?

Berfokus pada perjalanan jiwa (soul) Joe Gardner dan Twenty Two (22) untuk kembali hidup ke bumi.

Soul merupakan film garapan Pixar Animation yang disutradarai Pete Docter. Film ini sudah tayang sejak 25 Desember 2020 yang lalu. Menceritakan kehidupan pria bernama Joe Gardner, seorang guru musik yang memiliki impian menjadi musisi Jazz ternama.

Suatu ketika Gardner mendapatkan tawaran menjadi guru musik tetap di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Meskipun hal ini merupakan kabar bahagia, akan tetapi Joe merasa belum puas dengan hal tersebut karena dirinya ingin menjadi musisi Jazz.

Joe semakin dekat dengan impiannya, ketika dirinya mendapatkan tawaran untuk ikut tampil menjadi seorang pianis bersama Dorothea Williams.

“Dalam mewujudkan impian selalu ada halangan”. Apakah Anda setuju dengan kalimat itu? Hal tersebut juga dialami Joe. Ketika impiannya hampir terwujud, ia mengalami kecelakaan saat pulang latihan hingga membuatnya koma.

Terlempar ke dalam Great Beyond

Jiwanya (soul) Joe terlempar ke dalam Great Beyond (semacam tempat dimana jiwa-jiwa yang telah meninggalkan bumi tetap ingin kembali ke bumi bertahan, sebelum akhirnya pergi ke alam lain atau akhirat).

Jiwa Joe melihat tubuhnya di bumi sedang koma, ia mencari cara agar bisa kembali ke bumi. Untuk bisa hidup kembali ke bumi, jiwa-jiwa tersebut harus bisa melengkapi semacam “password” hingga memiliki tiket bergambar bumi.

Jiwa yang tertukar

Joe ditugaskan untuk menemani salah satu jiwa di Great Beyond bernama 22 untuk melengkapi passwordnya. Sayangnya, jiwa Joe tertukar dengan jiwa 22. Jiwa 22 hidup dalam tubuh Joe, sementara jiwa Joe tersesat dalam tubuh seekor kucing. Meskipun awalnya tidak terima dengan hal tersebut, Joe dan 22 tetap menjalani hidup di bumi bersama.

Sebelum pertunjukan di mulai, Moonwind (salah satu makhluk dari Great Beyond) datang membantu mengembalikan jiwa Joe yang tertukar. Akan tetapi 22 menolak untuk kembali ke Great Beyond dan terjadilah kejar-kejaran antara Joe dan 22, sehingga menyebabkan tubuh Joe terjatuh.

Keduanya terlempar kembali ke Great Beyond dan ternyata password jiwa 22 telah lengkap, itu artinya ia memiliki tiket bergambar bumi.

Menemukan Makna hidup

Saat 22 akan masuk ke lubang raksasa agar kembali ke bumi, ia melemparkan tiketnya kepada Joe. Jiwa 22 merasa bahwa dirinya tidak memiliki makna hidup, sementara Joe layak hidup di bumi karena memiliki semangat dan tujuan hidup yang jelas. Joe harus mewujudkan impiannya tampil di pertunjukkan musik Jazz tersebut.

Berkat bantuan jiwa 22, akhirnya Joe sadar dari komanya dan ia berhasil menunjukkan penampilan hebatnya di pertunjukkan musik Jazz. Meskipun impiannya telah terwujud, akan tetapi kebahagiaan yang Joe rasakan tidak bertahan lama.

Joe teringat betapa semangatnya jiwa 22 menjalani hidup di bumi saat tersesat dalam tubuh Joe. Sambil memainkan piano dan hanyut dalam ketenangan, jiwa Joe kembali masuk ke dalam Great Beyond untuk melihat keadaan jiwa 22.

Joe merasa sedih karena jiwa 22 menjadi “jiwa yang hilang”, merasa putus asa dan berpikir bahwa hidupnya tidak bermakna. Akhirnya Joe meyakinkan 22 bahwa dirinya juga layak untuk hidup di bumi. Joe mengembalikan tiket gambar bumi milik 22 yang pernah diberikan padanya. Ada momen mengharukan ketika Joe dan 22 berpisah.

Saat Joe bersiap untuk menuju ke alam lain (kematian). Tiba-tiba Joe mendapatkan kesempatan untuk hidup kembali ke bumi.

“Berhati-hatilah saat melangkah” – pesan mentor Great Beyond pada Joe saat memberikan kesempatan kedua untuk hidup di bumi.

Selain menarik karena visual animasinya, film ini menyajikan makna tersirat dalam menjalani hidup dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Setiap manusia memiliki makna dalam hidupnya. Temukan tujuan hidup Anda, manfaatkan waktu dengan hal-hal positif dan nikmati setiap perjalanan hidup dengan bersyukur.

“Bagaimana kau akan menjalani hidupmu?”
“Aku akan menjalaninya setiap menitnya” – Joe Gardner.

Sumber: BuddhaZine.com

Dibaca : 3115 kali