x

“Chinese Sattelite”Bermusik Dan Bermeditasi

Ray Buckner berkisah bagaimana pemegang nominasi Grammy Phoebe Bridgers bermusik sebagai sahabat spiritual, sebuah jalan menuju sebuah misteri baru. 

Lagu “Chinese Satellite” Dari Phoebe Bridgers di album keduanya Punisher yang berisi mengenai sebuah kehilangan dan rasa keberlangsungan dan rasa untuk terkoneksi pada sebuah tempat kekosongan. 

Terjemahan liriknya seperti ini:

“Saya telah berputar-putar di lingkaran/ berpura-pura menjadi diri sendiri, ” Pada reff-nya. “Bagaimana bisa seseorang melakukan ini dengan sengaja/Saat ia bisa melakukan yang lain.”

Saya tafsirkan penyanyi mengisahkan sebuah jalan sulit yang diambil dan sedikit hasilnya, namun merupakan sebuah panggilan yang harus dijalani. Lirik yang dinyanyikan dapat saya resapi karena saya pun mendapati diri saya kesulitan mencari tempat sebagai rumah.

Saya teringat akan suatu masa kecil saya ketika saya berumur tujuh atau delapan tahun dan mengobati rasa akan penghinaan menjadi seorang transpuan.

Walau menjadi transpuan tidak mudah, saya merasa nyaman dengan itu. Testosterone dan anti depresi dan operasi adalah sebuah kerepotan yang perlu dilalui namun bermakna. 


Phoebe Bridgers
“Chinese Satellite” adalah balada akan ketidakkekalan, akan menghadapi sebuah kenyataan hidup yang tidak di selamat kan oleh siapa pun. Menjaga asa, kurangnya keyakinan, dan rasa akan kesendirian. Menginginkan cinta dan rumah dan kepemilikan. Bukanlah menginginkan apa yang kita cintai untuk hilang selamanya. 

“Kuingin  percaya,” Liriknya, “Jika ku pergi keluar akan melihat lampu sorot traktor/ akan menciduk ku di situ/ ku ingin pulang ke rumah.” 

Kita ingin semua membantu kita untuk merasa aman. Kita ingin memiliki semua yang membantu kita untuk berhenti merana sesuatu yang tidak membuat kita merana – sesuatu yang selalu bersama kita.

Jika jalan Buddha adalah jalan kita menuju pulang ke rumah, maka lagu ini jalannya. Jika kita berjalan di jalan buddhis untuk keluar dari lingkaran samsara, atau mencari ke dalam, atau belajar akan penderitaan, maka Phoebe Bridgers lebih tepat. Musiknya merupakan meditasi dari napas ke napas, lirik ke lirik. 

“Chinese Satelite” Adalah sebuah harapan dan jawaban. Sebuah harapan untuk rumah dan panggilan untuk menciptakannya. 


Sumber: BuddhaZine.com

Dibaca : 4815 kali