x

Segenggam Pasir

Buddha tidak mengajarkan apa-apa selain kebenaran. Jika suatu hal adalah tidak benar, Beliau tidak akan mengatakannya. Beliau mengajarkan Dhamma dengan cara sehingga siapapun yang merenungkannya akan dapat menegaskan apa yang Beliau katakan. Beliau juga tidak akan mengajarkan ajaran yang terlalu tinggi untuk dijangkau dan dipahami oleh pendengarnya.

Selengkapnya

Bagaimana Caranya Mengembangkan Cinta Kasih?

Sikap egois menghalangi rasa cinta kita kepada makhluk hidup, kita semua pernah mengalaminya dalam beragam kadar. Agar kebahagiaan datang, kita butuh sebuah pikiran yang tenang, dan sebuah kedamaian demikian hanya bisa didapatkan dari sikap penuh cinta kasih. Bagaimana caranya untuk mengembangkan sikap ini?

Selengkapnya

Apa Istimewanya Savathi?

Sravasti adalah ibu kota kuno Kerajaan Kosala yang diperintah oleh Raja Pasenadi. Ia terkenal karena hubungannya yang panjang dan erat terhadap Buddha. Selama 45 tahun Pengabdian-Nya, Sang Buddha menghabiskan sebanyak 25 vassa di Sravasti, 24 di antaranya secara berturut-turut (tanggal 21-44).

Selengkapnya

Teladan Bhante Khanti, Kakek Dan Guruku

Suatu malam, salah satu dari sekian banyak hari yang aku habiskan di Wihara Dhammadipa Arama, aku dan beberapa teman sedang berbincang seru tentang belajar menggunakan komputer. Waktu itu, Windows masih sangat baru, dan belum banyak yang bisa menggunakannya, apalagi memilikinya. Tentu saja, di rumah, aku cuma punya mesin ketik, di sekolah aku baru belajar menggunakan ms dos dan lotus, tapi di wihara tersedia komputer yang baru itu. Bersama dengan salah seorang bhikkhu yang masih sangat muda, kita bisa belajar menggunakan komputer dan membuat berbagai macam hal dengan komputer tersebut.

Selengkapnya